5 Tips Pemilihan Sikat Gigi yang Tepat untuk Bayi

Menerapkan kebiasaan menyikat gigi sedini mungkin harus dilakukan. Sejak si kecil mulai tumbuh gigi, orangtua sebaiknya segera mengajarkan kebiasaan menyikat gigi. Anda bisa memilihkan produk sikat gigi yang tepat, contohnya sikat gigi dari Pigeon. Manfaatkan program diskon Pigeon untuk berbelanja produk kesehatan oral anak dengan harga terjangkau.

Memilih Sikat Gigi Bayi

Menjaga kebersihan rongga mulut bayi sangatlah penting. Tak hanya memakai kain lembut dan air hangat, orangtua juga perlu mulai menyikat gigi si kecil. Berikut adalah 5 tips pemilihan sikat gigi yang sesuai untuk dipakai oleh bayi:

  • Sesuaikan dengan Usia

Anda bisa menyesuaikan jenis sikat gigi dengan usia si kecil. Saat ini ada produk sikat gigi yang didesain khusus untuk latihan sesuai dengan tahapan usia. Produk Pigeon misalnya, mengeluarkan beberapa produk sikat gigi dengan kategori latihan secara bertahap. Anda bisa membeli produk tersebut dengan memanfaatkan program diskon Pigeon yang tersedia di marketplace.

  • Pilih Bulu Sikat yang Lembut

Demi menjaga kenyamanan si kecil saat menyikat gigi maka gunakanlah sikat gigi dengan bagian bulu yang lembut. Pemakaian bulu sikat yang kasar dan keras bisa menimbulkan rasa sakit bagi anak. Kondisi ini sudah pasti akan memberi rasa tidak nyaman bahkan bisa saja anak merasa trauma dan enggan kembali menyikat gigi.

  • Gunakan Sikat Berkepala Kecil

Pilihlah produk sikat gigi yang memiliki kepala sikat berukuran kecil. Ukuran rongga mulut anak tentu tidak sebesar orang dewasa. Akan sulit untuk menjangkau bagian-bagian gigi si kecil jika menggunakan kepala sikat yang besar. Jadi lebih baik memakai sikat berkepala kecil agar bisa lebih mudah membersihkan bagian-bagian tersembunyi sekalipun.

  • Perhatikan Ukuran Gagang Sikat

Anda juga disarankan untuk memilih sikat gigi yang ukuran gagangnya besar. Jika ukuran gagang besar, maka lebih mudah bagi Anda untuk menggenggam sikat. Selain itu, ukuran gagang sikat yang besar juga akan mempermudah si kecil untuk belajar memegang sikat gigi. Saat ia ingin mencoba menyikat giginya sendiri, bentuk sikat dengan gagang besar juga lebih aman karena bisa mencegah tersedak.

  • Pilih yang Desainnya Menarik

Gunakan sikat gigi yang punya desain dan warna yang menarik. Menyikat gigi bukanlah jenis kegiatan yang disukai anak. Agar anak menyukainya maka orangtua bisa mencoba memberikan sikat gigi yang bentuknya menarik. Pilihkan sikat gigi dengan warna yang disukai anak. Semakin menarik desainnya maka anak juga akan semakin bersemangat untuk menyikat gigi.

 

Itulah 5 tips pemilihan sikat gigi untuk bayi yang baru akan mulai berlatih menyikat gigi. Selain memilih sikat gigi yang tepat, gunakan juga produk pasta gigi yang aman bagi bayi. Anda bisa mendapatkan produk-produk tersebut saat beli peralatan bayi di toko-toko online.