Penamaan Merek: Jasa Pendaftaran Merek Dagang Menambahkan Nilai pada Produk, Layanan, dan Perusahaan

Istilah “merek dagang” sering digunakan secara bergantian untuk mengidentifikasi merek dagang atau merek layanan. Merek dagang didefinisikan oleh INTA (International Trademark Association) sebagai kata (Poison), nama (Giorgio Armani), simbol atau perangkat (Pillsbury Doughboy), slogan (“Got Milk?”), Desain kemasan (Nyonya Butterworth) atau kombinasi keduanya yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan membedakan produk tertentu dari produk lain di pasar atau dalam perdagangan. Bahkan suara (lonceng NBC), kombinasi warna, bau, atau hologram dapat menjadi merek dagang dalam beberapa keadaan.

Setiap hari di AS, rata-rata konsumen akan berhubungan dengan sekitar 1.500 produk bermerek dagang. Jika konsumen tersebut pergi ke supermarket, jasa pendaftaran merek kontak merek dagang meningkat menjadi 35.000. Merek dagang sebagai aset tidak berwujud mungkin memiliki nilai intrinsik lebih dari pabrik fisik perusahaan. Apa yang lebih berharga: kepemilikan merek dagang Campbell atau kepemilikan tanaman sup?

Lima alasan mengapa merek dagang itu penting:

1. Mereka menambah nilai pemegang saham.
2. Mereka membedakan produk Anda.
3. Mereka menentukan wilayah Anda.
4. Mereka adalah tanda kesinambungan Anda.
5. Paten kedaluwarsa, hak cipta berjalan dengan sendirinya, tetapi merek dagang bertahan selamanya.

Karena kepemilikan merek dagang menciptakan nilai bagi organisasi Anda, sangat penting bagi tim hukum atau pengacara merek dagang Anda untuk terlibat dalam proses tersebut. Pengembangan nama merek verbal umumnya bekerja dalam ranah istilah pemasaran. Dari perspektif hukum, pengacara merek dagang Anda akan memeriksa nama Anda dengan variasi dari apa yang saya sebut sebagai spektrum penamaan.

Spektrum Penamaan

1. Fantastis / Neologisme – Nama yang “diciptakan”:
– Keuntungan – Perlindungan hukum yang kuat.
– Kerugian – Biaya mendidik masyarakat.

2. Asosiatif – Komunikasi tidak langsung:
– Keuntungan – Mengkomunikasikan pesan plus perlindungan hukum.
– Kerugian – Masyarakat membutuhkan pendidikan – mungkin membingungkan.

3. Deskriptif – Berkomunikasi secara langsung:
– Keuntungan – Komunikasi langsung dengan pelanggan.
– Kerugian – Mungkin kurang khas dan kurang dapat dilindungi.

Karena Internet telah mendapatkan tempat yang dominan di lanskap media, mengamankan nama domain a.com memainkan peran penting sebagai bagian dari portofolio kekayaan intelektual merek Anda. Merek dagang memberikan dasar bagi bisnis untuk secara efektif mengeksploitasi Internet sebagai alat komunikasi. Merek dagang Anda dapat memberi pelanggan Anda alamat Internet yang paling diingat sebagai cara untuk meneliti perusahaan Anda serta produk dan layanannya.

Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia yang berlokasi di Jenewa, Swiss, memberikan laporan tahunan mengenai aktivitas merek dagang internasional dari 81 negara anggota Madrid Union. Pendaftaran merek dagang global naik 9,5% pada tahun 2007. Perusahaan yang berbasis di Jerman, Prancis, dan AS adalah negara terkemuka dalam pengajuan pendaftaran.

Saat ini, konsumen di negara maju di mana-mana dibingungkan oleh banyaknya pilihan produk dan layanan. Ambil layanan yang jarang dibeli seperti perawatan kesehatan. Jika hari ini Anda harus membeli polis asuransi kesehatan baru, perusahaan apa yang akan Anda pilih? Oleh karena itu, layanan atau nama produk Anda harus berkomunikasi secara lisan. Tetapi bagaimana Anda tahu jika Anda membuat pilihan yang tepat dalam memilih nama merek verbal? Tanyakan pada pelanggan Anda.