Latihan Mata Mudah untuk Peningkatan Penglihatan

Latihan mata digunakan untuk mengatasi ketegangan mata. Saat diawasi oleh spesialis, latihan ini dapat membantu orang mengelola masalah yang berhubungan dengan penglihatan. Ada klaim bahwa latihan mata dapat memperbaiki masalah penglihatan seperti rabun dekat atau rabun jauh namun ini tidak berdasar.

Melatih mata tidak mengubah bentuk mata dan lensa yang merupakan masalah utama di balik rabun jauh dan gejala ketegangan mata rabun jauh. Dalam kasus ketegangan penglihatan seperti yang terkait dengan bekerja di komputer selama berjam-jam, melakukan pekerjaan detail yang bagus seperti perhiasan atau banyak membaca, latihan yang dirancang untuk mata bisa sangat berguna.

Latihan Mata untuk Ketegangan

Sebagian besar latihan untuk ketegangan mata melibatkan pandangan ke belakang secara berkala untuk mengubah jarak fokus dan menggerakkan mata Anda. Ini dapat membantu mengatasi masalah seperti rabun dekat setelah bertahun-tahun melakukan fokus jarak dekat, sakit mata dan iritasi, serta nyeri yang terkait dengan pekerjaan komputer. Ada banyak latihan ketegangan mata dan Anda dapat menemukan beberapa latihan yang sangat berguna di situs ini. Seorang dokter atau spesialis ergonomi juga dapat memberikan bantuan berkaitan dengan latihan yang mengurangi ketegangan dan mengendurkan mata.

Latihan Mata Korektif

Latihan yang harus diawasi oleh spesialis ini dirancang untuk mengobati atau menangani masalah mata. Latihan mata korektif sering digunakan pada anak-anak dengan strabismus dimana salah satu mata menyipit atau klinik mata di jakarta mengembara. Orang diberi serangkaian latihan yang dapat memperkuat mata dan pada saat yang sama meningkatkan kemampuan fokus mereka. Latihan okuler korektif juga terkadang membantu kondisi seperti penglihatan ganda yang disebabkan oleh mata yang mengembara.

Orang yang diberi resep latihan untuk peningkatan penglihatan harus mengikutinya dengan cermat dan peningkatan harus diperhatikan dari waktu ke waktu. Seorang dokter dapat menyesuaikan latihan seperlunya dan saat kondisi pasien berubah. Jika latihan mata sulit (biasanya tidak) atau jika pasien mengalami kesulitan menggunakannya secara konsisten, spesialis dapat menyarankan latihan yang lebih sesuai. Sebuah regimen yang tidak diterapkan sesuai anjuran tidak akan efektif jadi penting untuk ditentukan dan konsisten saat melakukan senam mata ini.

Latihan Mata untuk Meningkatkan Penglihatan

Latihan berikut secara alami dapat meningkatkan penglihatan.

 

    • Latihan Gerakan Mata 1 – Pertahankan 2 jari sejajar dengan mata, di sisi kiri dan kanan. Kedua jari ini akan bekerja sebagai objek penuntun. Lihatlah jari di sisi kiri tanpa melelahkan mata Anda lalu lihat jari di sisi kanan. Kepala Anda seharusnya tidak bergerak, hanya mata Anda. Bernapaslah dengan lembut saat melakukan latihan ini dan ulangi 2-3 kali. Setelah itu, tutup mata Anda dan rileks.

 

    • Latihan Gerakan Mata 2 – angkat mata tanpa menggerakkan kepala dan berkonsentrasilah pada satu titik. Ini harus menjadi sesuatu yang dapat Anda lihat dengan nyaman tanpa berusaha keras dan tegang. Ulangi latihan mengangkat mata dan melihat titik ini 2-3 kali. Setelah itu, turunkan mata Anda dan temukan titik di lantai dan lihatlah tanpa melelahkan mata Anda. Ulangi prosedur yang sama 2-3 kali saat Anda bernapas dengan normal.

 

    • Latihan palming eye – tutup mata dengan lembut dan letakkan telapak tangan di atas mata agar cahaya tidak jatuh ke atasnya. Jangan menekan bola mata Anda, Anda masih bisa berkedip bebas. Saat melakukan ini, cobalah untuk rileks dengan melakukan latihan pernapasan. Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit dua kali sehari untuk meningkatkan penglihatan Anda.

 

  • Latihan penglihatan – ini tentang mengalihkan penglihatan Anda secara berkala dari objek dekat ke objek jauh secara berulang. Ambil pulpen atau benda apapun dan taruh di depan wajah Anda. Lihatlah selama sekitar 20 detik kemudian gerakkan objek lebih jauh (sejauh Anda bisa meregangkan lengan) dan tataplah dalam waktu yang sama. Ulangi prosedur ini 4-5 kali. Setelah selesai, tutup mata Anda dan rileks. Latihan penglihatan ini secara bertahap dapat meningkatkan kemampuan fokus mata Anda serta kejernihan penglihatan Anda.

 

Latihan mata untuk meningkatkan penglihatan ini harus dilakukan secara teratur untuk hasil yang lebih baik. Jika masalah penglihatan Anda berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata.